TINGKAT KETERLAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERISE KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2014/ 2015

Dimas Fajar Harmawan (2015) TINGKAT KETERLAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH PADA SEKOLAH DASAR NEGERISE KECAMATAN KOKAP KABUPATEN KULONPROGO TAHUN AJARAN 2014/ 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Dimas Fajar Harmawan_11604224046.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Keberadaan usaha kesehatan sekolah (UKS), merupakan program pemerintah yang wajib ada dan dilaksanakan di sekolah dalam pelayan dan pendidikan kesehatan atau kebiasaan hidup sehat di sekolah dan diterapkan di lingkungan sekitar.Keterlaksanaan UKS secara maksimal dan dapat membantu atau berperan penting dalam pelayanan dan pendidikan kesehatan di sekolah. Berdasarkan hasil observasi terhadap pembina dan Kepala Sekolah di 5 Sekolah Dasar Negeri se Kecamatan Kokap, menunjukan bahwa UKS belum terlaksana secara baik pelaksanaan program TRIAS UKS.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan UKS di SD Negeri se-Kecamatan Kokap Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif,dengan menggunakan metode survei dan instrumen pengumpulan data (alat)menggunakan angket.Subjek penelitian adalah pembina UKS di SD Negeri se-Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo yang berjumlah 31 sekolah dasar negeri. Teknik yang digunakan adalah total sampling. Analisis data yang terkumpul menggunakan deskriptif dengan persentase. Hasil penelitian tingkat pengelolaan UKS di SD Negeri se-Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo menunjukan bahwa terdapat 6,4% (2 Sekolah Dasar) pengelolaan UKS yang berada pada kategori sangat baik, 26% (8 Sekolah Dasar), pengelolaan yang berada pada kategori baik, 32,2% (10 Sekolah Dasar) pengelolaan UKS yang berada pada kategori cukup baik, 29% (9 Sekolah Dasar) pengelolaan UKS pada kategori kurang baik dan 6,4% (2 Sekolah Dasar), pengelolaan pada kategoritidak baik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Usaha Kesehatan Sekolah
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2015 08:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25777

Actions (login required)

View Item View Item