PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERAKSARA JAWA DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV-A SD ADISUCIPTO 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Nurdin, Muhamad (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BERAKSARA JAWA DENGAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA SISWA KELAS IV-A SD ADISUCIPTO 1 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Muhammad Nurdin 06205244123.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana beraksara Jawa dengan media papan flanel pada siswa kelas IV-A SD Adisucipto 1. Siswa tingkat Sekolah Dasar yang seharusnya sudah mengenal dan tepat dalam menulis kalimat sederhana beraksara Jawa, tetapi pada kenyataannya adalah sebaliknya. Bertolak dari kenyataan itulah, penelitian ini dilaksanakan, yaitu untuk meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana beraksara Jawa. Kalimat sederhana beraksara Jawa dalam penelitian ini berupa aksara Jawa legena. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV-A SD Adisucipto I dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan menulis aksara Jawa siswa kelas IV-A SD Adisucipto I. Penelitian ini dilakukan sebanyak tiga siklus. Desain penelitian ini terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, catatan lapangan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas proses, validitas dialogis. Reliabilitas dalam penelitian tindakan ini menggunakan triangulasi melalui metode. Hasil penelitian ini adalah media papan flanel dapat meningkatkan kemampuan menulis kalimat sederhana beraksara Jawa pada siswa kelas IV-A SD Adisucipto I. Hal ini ditunjukkan dengan hasil prestasi yang ditunjukkan dengan hasil nilai tes, yaitu pada pretest nilai rata-rata 49,03 meningkat menjadi 63,73 dengan persentase ketuntasan 54% pada postest siklus I. Pada postest siklus II meningkat menjadi 71,13 dengan persentase ketuntasan 76% dan semakin meningkat menjadi 76,59 pada postest siklus III dengan persentase ketuntasan 84%. Berdasarkan hasil pengamatan selama penelitian, terjadi perubahan sikap yang positif. Hal itu ditandai dengan adanya peningkatan kemauan siswa untuk berpikir aktif, memperhatikan pelajaran, maju ke depan untuk mengerjakan soal, dan bertanya ketika siswa mengalami kesulitan selama proses pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: peningkatan kemampuan menulis, beraksara jawa, papan flanel, SD
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 02 Sep 2015 05:00
Last Modified: 30 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25776

Actions (login required)

View Item View Item