Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Aljabar

Hernawati, Faridah (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Berorientasi pada Prestasi Belajar dan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Aljabar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-faridah-hernawati-13709259009.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) berorientasi pada prestasi belajar dan kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi aljabar yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (define, design, develop, dessiminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I Semmel. Uji coba terbatas dilakukan oleh 12 siswa di SMP Negeri 4 Kalikajar dan uji coba lapangan dilakukan oleh 30 siswa kelas VIII B SMP Negeri 4 Kalikajar. Instrumen penelitian yang digunakan terdiri dari lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan guru, lembar penilaian kepraktisan siswa, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal prestasi belajar, dan soal kemampuan representasi matematis. Analisis data kevalidan dan kepraktisan dilakukan dengan mengkonversi total skor aktual yang diperoleh menjadi data kualitatif skala lima. Analisis data keefektifan dilakukan dengan menghitung ketuntasan klasikal. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) yang meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang valid, praktis, dan efektif. Hasil validasi ahli menyatakan bahwa produk yang dikembangkan mencapai kategori valid. Hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh guru menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mencapai kategori praktis, hasil pengisian angket penilaian kepraktisan oleh siswa menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mencapai kategori praktis, dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan pembelajaran adalah 88,89%. Keefektifan produk terlihat dari hasil PB dan KRM. Hasil PB menunjukkan bahwa persentase siswa yang mencapai KKM adalah 76,67% dengan nilai rata-rata 74,33%. Hasil KRM menunjukkan persentase siswa yang mencapai KKM adalah 76,67% dengan nilai rata-sata 77,67% Secara keseluruhan hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, perangkat pembelajaran, PMRI, prestasi belajar, kemampuan representasi matematis
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Sep 2015 08:10
Last Modified: 09 May 2019 02:38
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25770

Actions (login required)

View Item View Item