Wulandari, Enika (2015) Kesiapan Guru Matematika SMP di Kota Yogyakarta Melaksanakan Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-enika-wulandari-12709251016.swf Download (15MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru Matematika SMP di Kota Yogyakarta melaksanakan Kurikulum 2013, dalam hal: (1) wawasan terhadap Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Matematika di SMP; (2) sikap terhadap Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Matematika di SMP; dan (3) kelengkapan sarana dan prasarana sebagai daya dukung pelaksanaan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Matematika di SMP. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang menggunakan pendekatan campuran dengan strategi campuran tidak berimbang. Penelitian dilaksanakan di 16 SMP negeri dan swasta di Kota Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian adalah 33 orang guru Matematika pengampu kelas 7 dan 8 yang ditentukan melalui teknik stratified random sampling berdasarkan status akreditasi sekolah dilanjutkan dengan rata-rata nilai Ujian Nasional selama tiga tahun terakhir. Pengumpulan data dilaksanakan melalui pengisian angket, observasi rencana pelaksanaan pembelajaran, observasi sarana dan prasarana,, serta wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) wawasan guru termasuk kriteria cukup, terdiri dari (a) wawasan terhadap komponen Kurikulum 2013 termasuk kriteria cukup, (b) kelengkapan dokumen Kurikulum 2013 termasuk kriteria baik, (c) keterlibatan guru termasuk kriteria kurang, dan (d) kemampuan menyusun RPP meliputi kemampuan menyusun RPP secara umum termasuk kriteria cukup dan kemampuan menyusun komponen RPP yang secara khusus memuat karakteristik Kurikulum 2013 memenuhi kriteria cukup. (2) Sikap guru termasuk kriteria cukup, terdiri dari (a) sikap pada aspek kognitif termasuk kriteria cukup, (b) sikap pada aspek afektif termasuk kriteria cukup, dan (c) sikap pada aspek konatif termasuk kriteria cukup. (3) Kelengkapan sarana dan prasarana termasuk kriteria baik, terdiri dari (a) kelengkapan ruang kelas termasuk kriteria sangat baik, (b) kelengkapan alat pembelajaran umum termasuk kriteria sangat baik, (c) ketersediaan sarana prasarana TIK termasuk kriteria sangat kurang, (d) ketersediaan alat pembelajaran Matematika termasuk kriteria cukup, dan (e) ketersediaan buku sebagai sumber belajar termasuk kriteria cukup. Berdasarkan keseluruhan aspek tersebut, kesiapan guru Matematika SMP di Kota Yogyakarta melaksanakan Kurikulum 2013 termasuk pada kriteria cukup.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kesiapan guru, matematika, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 02 Sep 2015 08:10 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:38 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |