Penerapan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII A

Widiyantoro, Agung (2015) Penerapan Penilaian Autentik untuk Meningkatkan Motivasi dan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII A. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agung-widiyatoro-12706251048.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan keterampilan berbicara siswa kelas VIII A SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta melalui penerapan penilaian autentik. Tujuan penelitian ini secara khusus untuk meningkatkan (1) komponen motivasi siswa meliputi interest, goal orientation, self essteem, self efficacy, locus control, dan self regulation; (2) aspek-aspek keterampilan berbicara siswa meliputi penggunaan bahasa, isi, perilaku nonverbal, dan kelancaran; dan (3) kualitas pembelajaran berbicara dari segi proses dan hasil. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari s.d. April 2014 di SMP Islam Al Azhar 26 Yogyakarta dengan subjek siswa kelas VIII A. Tiap siklus dilaksanakan melalui empat tahap meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, catatan lapangan, tes autentik keterampilan berbicara, dan dokumentasi. Teknik analisis data berupa teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Validitas dalam penelitian ini menggunakan validitas (1) demokratif; (2) hasil; (3) proses; dan (4) dialogik. Indikator keberhasilan proses dilihat dari peningkatan motivasi berbicara, antusiasme, peran aktif, perhatian, dan situasi pembelajaran siswa. Sementara itu, indikator keberhasilan produk/hasil penelitian adalah peningkatan keterampilan berbicara siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan proses pembelajaran dapat tercapai. Pertama, perhatian, peran aktif, dan antusiasme siswa dalam pembelajaran berbicara mencapai lebih dari 75%. Kedua, tahap pratindakan skor rata-rata motivasi berbicara 62 menjadi 72 pada siklus I, dan 75,12 pada siklus II. Lebih lanjut siswa yang memiliki motivasi berbicara dengan kategori tinggi meningkat, semula berjumlah 1 pada tahap pratindakan menjadi 9 siswa pada siklus I dan 12 pada siklus II. Sementara itu, pada siklus II siswa yang berkategori motivasi berbicara rendah tidak lagi ditemui. Indikator keberhasilan produk/hasil penelitian pun dapat tercapai. Hal itu dibuktikan dengan peningkatan skor rata-rata keterampilan berbicara siswa dari tahap pratindakan sebesar 34,5 menjadi 63 pada siklus I dan 73,8 pada siklus II.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: motivasi berbicara, keterampilan berbicara, penilaian autentik, peningkatan kualitas proses dan produk
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Sep 2015 07:26
Last Modified: 14 Nov 2022 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25766

Actions (login required)

View Item View Item