KEMAMPUAN MEMUKUL, MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN ROUNDERS SISWA PUTERA KELAS IV, V DAN VI, SD NEGERI 1 KARANG TENGAH, KEC. KEMANGKON, KAB. PURBALINGGA

Khafif Nur Asih (2015) KEMAMPUAN MEMUKUL, MELEMPAR DAN MENANGKAP BOLA DALAM PERMAINAN ROUNDERS SISWA PUTERA KELAS IV, V DAN VI, SD NEGERI 1 KARANG TENGAH, KEC. KEMANGKON, KAB. PURBALINGGA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi baru.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari permasalahan “walaupun permainan rounders sering dilakukan setelah pembelajaran materi inti, namun masih terdapat siswa yang lemah dalam melempar, memukul dan menangkap”. Atas dasar permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan memukul, melempar dan menangkap bola dalam permainan rounders siswa putera kelas IV, V dan VI SDN 1 Karang Tengah Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang dilakukan dengan mengukur kemampuan memukul, menangkap dan melempar bola menggunakan instrumen penelitian “Sismadiyanto dan Soepadmo (1989)” yang dimodifikasi. Subjek Penelitian adalah siswa putera kelas IV (16 siswa), V (15 siswa) dan VI (19 siswa) SDN 1 Karang Tengah Kec. Kemangkon, Kab. Purbalingga, tahun ajaran 2014/ 2015. Tes memukul dilakukan dengan cara siswa memukul bola sejauh-jauhnya dengan posisi awal bola diam diletakan di atas bambu. Tes melempar dilakukan bersamaan dengan tes menangkap, dengan cara melemparkan bola rounders melewati atas tali dan harus jatuh pada siswa yang melakukan tes menangkap. Nilai minimal dari masing-masing tes adalah 0 dan nilai maksimalnya 10. Teknik analisis data yang diguankan adalah penggolongan kemampuan (5 kategori) menggunakan Penilaian Acuan Norma (PAN). Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Kemampuan memukul bola rounders 33,75% dari seluruh subyek penelitian. 2) Kemampuan melempar bola rounders 33,45% dari seluruh subyek penelitian. 3) Kemampuan menangkap bola rounders 30,79% dari seluruh subyek penelitian.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Permainan Rounders, Melempar, Menangkap dan Memukul Bola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2015 07:26
Last Modified: 30 Jan 2019 03:20
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25765

Actions (login required)

View Item View Item