PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI HEADSTAND DAN MERODA CARTWHEEL PADA SENAM LANTAI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Muzaena Firdausi (2015) PENGEMBANGAN BUKU SAKU PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN MATERI HEADSTAND DAN MERODA CARTWHEEL PADA SENAM LANTAI BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Muzaena Firdausi 10604224062- 16 April 2015.pdf

Download (79MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan peserta didik di SD Negeri 4 Wates, Diketahui bahwa peserta didik khususnya Kelas V mengalami kesulitan dalam memahami materi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dengan pokok bahasan Headstand dan Cartwheel (Senam Lantai), untuk memotivasi siswa dalam belajar perlu dikembangkan media pembelajaran yang menarik salah satunya media pembelajaran buku saku pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan materi Headstand dan Cartwheel pada senam lantai. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan berupa buku saku yang layak digunakan sebagai media belajar dan dapat memotivasi siswa kelas V SD dalam memahami materi senam lantai dengan pokok bahasan Headstand dan Cartwheel. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian pengembangan dari Arif S. Sadiman. Pengembangan media pembelajaran ini dilakukan melalui beberapa tahapan antara lain: (1) Identifikasi Kebutuhan, (2) Perumusan tujuan, (3) Perumusan butir-butir materi, (4) Perumusan alat ukur keberhasilan, (5) Penulisan naskah media, (6) Tes/Ujicoba, dan (7) Revisi. Subjek uji coba produk adalah siswa kelas V SD, Teknik pengumpulan data (instrumen) menggunakan angket dan wawancara, data berupa hasil penelitian mengenai kualitas produk, saran untuk revisi produk. Data kualitatif dianalisis dengan statistik deskriptif. Saran-saran yang diperoleh digunakan sebagai untuk merevisi produk. Hasil validasi oleh ahli materi secara keseluruhan aspek adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,40. Penilaian ahli media pada produk adalah “baik” dengan rerata skor 4,12. Sedangkan Penilaian ahli bahasa pada produk adalah “baik” dengan rerata skor 4. Pada evaluasi satu lawan satu penilaian siswa adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,33. Pada evaluasi kelompok kecil penilaian siswa adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,37. Pada evaluasi lapangan penilaian siswa adalah “sangat baik” dengan rerata skor 4,54.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, media, buku saku, senam lantai headstand, cartwheel, pembelajaran, pendidikan jasmani, evaluasi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 02 Sep 2015 07:22
Last Modified: 30 Jan 2019 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25757

Actions (login required)

View Item View Item