UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTEK PENGUKURAN TEKNIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM KERJA KELOMPOK SISWA KELAS X JURUSAN OTOMOTIF DI SMK 45 WONOSARI

DENI, RAMADHANI (2015) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTEK PENGUKURAN TEKNIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM KERJA KELOMPOK SISWA KELAS X JURUSAN OTOMOTIF DI SMK 45 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Deni Ramadhani 05504244001.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN PRAKTEK PENGUKURAN TEKNIK DENGAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF DALAM KERJA KELOMPOK SISWA KELAS X JURUSAN OTOMOTIF DI SMK 45 WONOSARI Oleh : DENI RAMADHANI 05504244001 ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan komunikatif dalam kerja kelompok dalam meningkatkan minat, meningkatkan aktivitas belajar dan meningkatkan keterampilan praktik siswa X di SMK 45 Wonosari pada praktek mata diklat pengukuran teknik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siklus penelitian terdiri atas dua siklus. Sasaran penelitian adalah peningkatan keterampilan praktik siswa kelas X Otomotif 1 di SMK 45 Wonosari Gunung kidul. Aspek yang diteliti yaitu minat, aktivitas pembelajaran dan keterampilan praktik siswa dengan pendekatan komunikatif dalam kerja kelompok sebagai pendekatan pembelajaran. Adapun langkah-langkah yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan observasi awal untuk mengetahui keadaan siswa sebelum dilakukan praktik, kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan tindakan yang terdiri atas dua siklus. Pada siklus I yaitu terdiri atas perencanaan tindakan 1, pelaksanaan tindakan 1, observasi dan refleksi. Selanjutnya pada siklus II langkah-langkahnya juga sama yaitu perencanaan tindakan II, pelaksanaan tindakan II, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa mengikuti praktik mengalami peningkatan. Pada siklus rata – rata skor/poin hanya sebesar 78.9 dan pada siklus II menjadi 94.95. Selanjutnya di ikuti aktivitas belajar yang di tunjukan oleh siswa sebanyak 12 pada siklus I menjadi 19 poin pada siklus ke II. Peningkatan keterampilan praktik siswa pada siklus I nilai 6,00-6,99 berjumlah 12 siswa atau 54,55%. Siswa yang mendapatkan nilai 7,00-7,49 sebanyak 6 siswa atau 27,27%. Siswa yang mendapat nilai 7,50-7,99 sebanyak 4 siswa atau 18,18%. Tidak ada siswa yang mendapat nilai > 8,00. Sedangkan pada siklus II, tidak ada siswa yang mendapatkan nilai 6,00-6,99 atau 0%. Siswa yang mendapatkan nilai 7,00-7,49 sebanyak 1 siswa atau 4,55%. Siswa yang mendapat nilai 7,50,7,99 sebanyak 13 siswa atau 59,09%. Sedangkan siswa yang mendapatkan nilai > 8,00 sebanyak 8 siswa atau 36,36%. Kata kunci : keterampilan praktik, minat belajar, aktivitas belajar, pendekatan komunikatif dalam kerja kelompok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Sep 2015 03:17
Last Modified: 30 Jan 2019 03:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25742

Actions (login required)

View Item View Item