TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO DAN PENGASIH KULON PROGO

Agung Satria Wardana (2015) TINGKAT PENGETAHUAN GURU PENDIDIKAN JASMANI TERHADAP PENJAS ADAPTIF DI SEKOLAH INKLUSI SE-KECAMATAN SENTOLO DAN PENGASIH KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Agung Satria Wardana_10604224060.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pendidikan jasmani adaptif merupakan pendidikan jasmani yang diperuntukan bagi anak berkebutuhan kusus. Sebagai seorang guru pendidikan jasmani sudah semestinya mengetahui materi dan penerapan pendidikan jasmani adaptif secara baik. Dalam kenyataanya masih banyak ditemukan guru pendidikan jasmani yang belum menguasai materi pendidikan jasmani adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap materi pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi se-Kecamatan Sentolo dan Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Inklusi se-Kecamatan Sentolo dan Pengasih dengan jumlah subjek penelitian sebanyak 12 guru pendidikan jasmani. Tes yang digunakan merupakan Tes Pengetahuan dengan bentuk soal benar salah. Uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus pearson product moment diketahui dari 30 soal terdapat 2 soal yang gugur, sehingga tes yang digunakan dalam penelitian sebanyak 28 soal. Hasil uji reliabilitas instrumen sebesar 0,965 (>0,600), sehingga dinyatakan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap materi pendidikan jasmani adaptif di sekolah inklusi seKecamatan Sentolo dan Pengasih dalam kategori sangat tinggi sebesar 8,3%, kategori tinggi sebesar 16,7%, kategori cukup sebesar 40,7%, dan kategori kurang sebesar 33,3%. Tingkat pengetahuan guru pendidikan jasmani terhadap materi pendidikan jasmani adaptif dijelaskan oleh 6 aspek yaitu: 1) aspek mengingat sebagian besar dalam kategori sedang 91,7%, 2) aspek memahami dalam kategori cukup dan tinggi masing-masing sebesar 41,7%, 3) aspek menerapkan sebagian besar dalam kategori cukup sebesar 75%, 4) aspek menganalisis sebagian besar dalam kategori cukup sebesar 75%, 5) aspek menilai sebagian besar dalam kategori tinggi sebesar 75% dan 6) aspek berkreasi sebagian besar dalam kategori kurang sebesar 50%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Guru Penjas, Pendidikan Jasmani Adaptif, Sekolah Inklusi
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:04
Last Modified: 30 Jan 2019 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25738

Actions (login required)

View Item View Item