PENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Deni, Bayu Sutanto (2015) PENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Deni Bayu Sutanto 07503245011.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN GAMBAR TEMPEL DENGAN BANTUAN MEDIA PAPAN MAGNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENJELASKAN PROSES DASAR PNEUMATIK DAN HIDROLIK DI SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh : Deni Bayu Sutanto NIM. 07503245011 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui prestasi belajar rangkaian komponen hidrolik setelah menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet, (2) Mengetahui pengaruh penggunaan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet terhadap prestasi belajar rangkaian komponen hidrolik, (3) Mengetahui perbedaan prestasi belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol. Setting penelitian adalah SMK N 3 Yogyakarta yang berlokasi di Jl. W.Monginsidi No. 2A Yogyakarta. Subjek Penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Permesinan tahun ajaran 2010/2011. Terdiri dari data responden ahli materi (1 dosen), ahli media (1 dosen), uji coba dalam kelompok eksperimen (31 siswa) dan kelompok kontrol (30 siswa). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah post-test. Untuk tes post-test dengan jumlah soal 40 butir. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan dikonversikan menjadi data kualitatif untuk mengetahui kriteria penilaian media dan kelayakan media yang sedang dikembangkan. Hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) prestasi belajar siswa menjadi lebih baik bila dibandingkan dengan sebelum menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet. (2) penggunaan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan nilai t-hitung sebesar 4,279 dan tingkat signifikannya 0,000<0,05. (3) ada perbedaan prestasi belajar siswa antara kelas yang diberikan perlakuan dengan kelas yang tidak diberikan perlakuan menggunakan gambar tempel dengan bantuan media papan magnet. Kelas eksperimen (kelas yang diberi perlakuan) memiliki prestasi yang lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol (kelas tanpa perlakuan). . Kata kunci : Gambar Tempel Dengan Bantuan Media Papan Magnet, Pembelajaran Rangkaian Komponen Hidrolik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Sep 2015 03:02
Last Modified: 30 Jan 2019 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25732

Actions (login required)

View Item View Item