PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK KEJURUAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA

Deni, Anggih Rizkinandar (2015) PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK KEJURUAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Deni Anggih Rizkinandar - 10503244002.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK KEJURUAN SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK NEGERI 3 YOGYAKARTA Oleh: Deni Anggih Rizkinandar NIM. 10503244002 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap prestasi belajar praktik kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar praktik kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta; dan (3) Pengaruh kedisiplin belajar serta motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar praktik kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian ex-post facto dengan populasi penelitian sebanyak 126 siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Subjek penelitian diambil sebanyak 93 siswa kelas XI TP 2, XI TP 3, XI TP 4 dan sisanya sebanyak 33 siswa kelas XI TP 1 digunakan sebagai subjek dalam uji coba instrumen penelitian. Pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Kedisiplinan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar praktik kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta; (2) Motivasi belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar praktik kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta; dan (3) Kedisiplinan belajar serta motivasi belajar secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar praktik kejuruan siswa kelas XI Jurusan Teknik Pemesinan SMK Negeri 3 Yogyakarta dengan nilai Ry1,2= 0,394>0,206 rtabel serta nilai Fhitung (8,55)>Ftabel (3,1). Kata Kunci: Kedisiplinan Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Praktik Kejuruan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Sep 2015 02:47
Last Modified: 30 Jan 2019 03:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25724

Actions (login required)

View Item View Item