TINGKAT PENGETAHUAN TAKTIK DAN STRATEGI BERMAIN SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEDERAJAT SE-KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2015

Afri Sasongko Ady Putra, (2015) TINGKAT PENGETAHUAN TAKTIK DAN STRATEGI BERMAIN SEPAKBOLA PESERTA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS/SEDERAJAT SE-KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi prestasi sepakbola di sekolah menengah atas dan sederajat di Kota Wonosari yang menurun serta permainan di lapangan yang kurang berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi tingkat pengetahuan taktik dan strategi sepakbola pada peserta ekstrakurikuler sepakbola sekolah menengah atas dan sederajat se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul Tahun 2015. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa tes pengetahuan kepada 72 siswa di 3 sekolah yang melaksanakan ekstrakurikuler sepakbola. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dengan jumlah soal yang valid 35 butir soal dan 3 butir dinyatakan gugur. Sedangkan uji reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach melalui SPSS 16 for windows dengan reliabilitas sebesar 0,961. Untuk menganalisis data digunakan teknik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, sebanyak 13 siswa (18,06%) berada pada kategori “rendah”, sebesar 44 siswa (61,11%) berada pada kategori “sedang”, sedangkan sebanyak 15 siswa (20,83%) kategori“tinggi”. Sedangkan berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 28,53; pengetahuan taktik dan strategi bermain sepakbola siswa peserta ekstrakurikuler sepakbola di Sekolah Menengah Atas dan sederajat se-Kecamatan Wonosari Kabupaten Gunungkidul tahun 2015 masuk dalam kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan, taktik, strategi, sepakbola
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 01 Sep 2015 08:04
Last Modified: 01 Sep 2015 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25713

Actions (login required)

View Item View Item