PERAN MODAL SOSIAL DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN LINGKUNGAN (STUDI DI BANK SAMPAH TRI GUYUB RUKUN DI DESA TRIREJO, KECAMATAN LOANO, KABUPATEN PURWOREJO)

Dhamayanti, Kusuma (2015) PERAN MODAL SOSIAL DALAM MEMBANGUN KEPEDULIAN LINGKUNGAN (STUDI DI BANK SAMPAH TRI GUYUB RUKUN DI DESA TRIREJO, KECAMATAN LOANO, KABUPATEN PURWOREJO). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11413244018.swf - Published Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) unsur modal sosial yang ada di Bank Sampah Tri Guyub Rukun, 2) bentuk dari kepedulian lingkungan dan 3) peran modal sosial dalam membangun kepedulian lingkungan di Desa Trirejo, Kecamatan Loano, Kabupaten Purworejo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel bertujuan (purposive sampling), dengan kriteria ketua, sekretaris dan divisi penjualan, serta 3 nasabah terdiri dari orang tua, pemuda dan pengurus yang menjadi nasabah. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data, sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) unsur-unsur modal sosialnya yaitu jaringan, kepercayaan, norma, sikap proaktif dan resiprositas. 2) Bentuk kepeduliannya berupa kepedulian publik, terorganisir dan institus ional. 3) Peran jaringan adalah membantu masyarakat memilah sampah, mendukung program bank sampah dan membantu sosialisasi sampah. 4) Peran norma adalah nasabah menjadi tahu jenis-jenis sampah, nasabah tahu cara memilah dan alur menabung sampah, pengurus bank sampah lebih disiplin. 5) Kepercayaan berperan pada penarikan minat masyarakat untuk menjadi nasabah, proses penabungan menjadi lebih lancar, masyarakat lebih merasa aman dari pemulung sampah, bertambahnya bantuan sarana dan prasarana bank sampah dan berperan dalam negosiasi harga sampah yang menjadi lebih mudah.6) Peran sikap proaktif mencari solusi permasalahan sampah, membantu proses sosialisasi agar lebih meluas, memberikan kesempatan bagi pemuda unuk berprestasi. 7) Peran Resiprositas yaitu meningkatkan kinerja dari para pemuda, nasabah menjadi rajin menabung sampah, mendapatkan reputasi yang baik Kata Kunci: Modal Sosial, Kepedulian Lingkungan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 31 Aug 2015 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 03:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25654

Actions (login required)

View Item View Item