Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Pengambilan Keputusan Moral Siswa SMP se Kecamatan Wates

Yuliana W, Fajar (2015) Pengaruh Intensitas Bermain Game Online Terhadap Pengambilan Keputusan Moral Siswa SMP se Kecamatan Wates. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11401244036.swf - Published Version

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh intensitas bermain game online terhadap pengambilan keputusan moral siswa SMP di Kecamatan Wates. Penelitian ini merupakan penelitian verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP di Kecamatan Wates. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Multistage Cluster Random Sampling karena populasi dalam penelitian ini berada dalam wilayah yang luas dan ada 2 jenis sekolah representatif yang mewakili sekolah di Kecamatan Wates yaitu sekolah negeri dan sekolah swasta. Sampel yang diambil berjumlah 172 siswa dari 5 sekolah yaitu dari SMPN 4 Wates, SMPN 5 Wates,SMP Muhammadiyah 1 Wates, SMP Bopkri 1 Wates dan SMP Bopkri 2 Wates. Masing-masing sekolah diambil 2 kelas untuk angkatan kelas VIII dan karena di SMP BOPKRI 1 Wates hanya ada 1 kelas maka ditambah dengan SMP BOPKRI 2Wates, sehingga diperoleh 8 kelas dari kelima sekolah tersebut. Alat ukur intensitas bermain game online dibuat sendiri, sedangkan alat ukur pengambilan keputusan moral menggunakan angket skala dilema moral dari Brofenbrenner yang sudah diadaptasi di Indonesia. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment dari Karl Pearson, sedang uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, sedangkan pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh intensitas bermain game online terhadap pengambilan keputusan moral siswa SMP di Kecamatan Wates. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis regresi sederhana sebesar 0,23 dengan r = 25, 2402597. Intensitas bermain game online kategori tinggi untuk siswa laki-laki sebanyak 68 siswa (70%) dan kategori rendah sebanyak 29 siswa(30%), adapun untuk pengambilan keputusan moralnya kategori tinggi sebanyak 34 siswa (35%) dan kategori rendah sebanyak 63 siswa (65%). Sedangkan intensitas bermain game online kategori rendah untuk siswa perempuan sebanyak 26 siswa (35%) dan kategori rendah sebanyak 49 siswa (65%), adapun untuk pengambilan keputusan moralnya kategori tinggi sebanyak 52 siswa (69%) dan kategori rendah sebanyak 23 siswa (31%) Kata Kunci : Game Online, Pengambilan Keputusan Moral

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 31 Aug 2015 02:51
Last Modified: 30 Jan 2019 03:08
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25651

Actions (login required)

View Item View Item