HUBUNGAN TINGGI BADAN DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMK MUHAMADIYAH 2 YOGYAKARTA PADA TAHUN AJARAN 2014/2015

Ade Miwahyoko (2015) HUBUNGAN TINGGI BADAN DAN KELINCAHAN DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMK MUHAMADIYAH 2 YOGYAKARTA PADA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler bulutangkis di SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta merupakan ekstrakurikuler yang baru dibentuk pada tahun ajaran 2014/2015, masih banyak perbedaan teknik keterampilan bermain bulutangkis pada siswanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tinggi badan dan kelincahan dengan keterampilan bermain bulutangkis peserta ekstrakurikuler bulutangkis di SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi yang digunakan adalah siswa putra pesera esktrakurikuler bulutangkis SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 32 siswa. jumlah sampel diambil secara purposive sample sebanyak 20 siswa. Teknik pengumpulan data mengunakan survey, dengan teknik pengambilan data dengan menggunakan tes dan pengukuran. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini berupa alat stadiometer untuk tes tinggi badan, shuttle run untuk kelincahan, dan (round robin) untuk tes keterampilan bermain bulutangkis. Teknik analisis data mengunakan analisis regresi dan korelasi, baik secara sedehana maupun ganda, melalui uji prasyarat normalitas dan linieritas. Hasil penelitian menujukan bahwa: (1) ada hubungan yang signifikan antara tinggi badan dengan keterampilan bermain bulutangkis besar sumbangan 19,38%. (2) ada hubungan yang signifikan antara kelincahan dengan keterampilan bermain bulutangkis besar sumbangan 27,81%. (3) secara bersama-sama terdapat hubungan antara tinggi badan dan kelincahan dengan keterampilan bermain bulutangkis peserta ekstrakurikuler SMK Muhamadiyah 2 Yogyakarta dengan besar sumbangan 47,2%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: tinggi badan, kelincahan, keterampilan bulutangkis.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 31 Aug 2015 02:41
Last Modified: 11 Mar 2019 02:15
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25638

Actions (login required)

View Item View Item