EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

Kumara, Amy Cahya (2015) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DALAM UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11401244023.swf - Published Version

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran Cooperative Script dalam upaya peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 3 Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan cara simple random sampling. Dengan menggunakan teknik tersebut dari keseluruhan populasi kelas VII A-F yang berjumlah 222 siswa didapatkan sampel penelitian kelas eksperimen yaitu kelas VII E berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VII F yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menngunakan instrument berupa tes, dengan melakukan pretest dan posttes, dengan desain pretest-posttest control group. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Uji homogenitas dan uji normalitas dilakukan sebagai prasyarat uji hipotesis Independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) atau p value adalah sebesar 0,017 < 0,05. Dengan demikian, dapat dikatakan signifikan pada probabilitas 0,05. Selain membandingkan nilai Sig. (2-tailed), hasil uji hipotesis dilakukan dengan membandingkan antara t tabel dengan t hitung, diketahui bahwa nilai t hitung pada hasil uji Independent Sample T-Test yang telah dilakukan adalah sebesar 2,469 dengan signifikansi p sebesar 0,017. Pada t tabel untuk nilai df = 58 adalah sebesar 2,001. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa t tabel < t hitung, yaitu 2,001 < 2,469. Dengan demikian Ho ditolak, dan Ha diterima, yaitu metode pembelajran Cooperative Script efektif untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VII SMP N 3 Wonosari. Kata kunci: pendidikan kewarganegaraan, metode pembelajaran, cooperative

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 31 Aug 2015 01:15
Last Modified: 30 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25630

Actions (login required)

View Item View Item