IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP/MTs DI KECAMATAN PANDAK

Lestari, Puji (2015) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS SMP/MTs DI KECAMATAN PANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 11416241048.swf - Published Version

Download (14MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini betujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam pemahaman terhadap peserta didik; 2) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam perencanaan pembelajaran; 3) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam pelaksanaan pembelajaran; 4) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam evaluasi hasil belajar; 5) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru IPS SMP/MTs di Kecamatan Pandak, yaitu berjumlah 18. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan expert judgment dan uji coba instrumen dianalisis menggunakan korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam pemahaman terhadap peserta didik berada dalam kategori kurang dengan persentase 44,44%; 2) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam perencanaan pembelajaran berada dalam kategori sangat baik dengan persentase 33,33%; 3) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam pelaksanaan pembelajaran berada dalam kategori baik dengan persentase 38,89%; 4) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam evaluasi hasil belajar berada dalam kategori kurang dengan persentase 38,89%; 5) Tingkat implementasi kompetensi pedagogik dalam pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki berada dalam kategori baik dengan persentase 38,89%. Kata Kunci: Implementasi, Kompetensi Pedagogik, Guru IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 28 Aug 2015 00:38
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25619

Actions (login required)

View Item View Item