Hubungan Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP di Kecamatan Banguntapan

Rini, Endah Puspita (2015) Hubungan Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP di Kecamatan Banguntapan. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11416244017_2.swf - Published Version

Download (8MB)
[img] Text (FIS Digital)
SKRIPSI 11416244017.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa, (2) hubungan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) hubungan lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Banguntapan. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekkatan. penelitian korelasional. Lokasi penelitian berada di SMP se-Kecamatan Banguntapan Populasi dalam penelitian ini terdiri dari tujuh sekolah sebanyak 973 siswa. Populasi tersebut diambil menjadi tiga sekolah berdasarkan jumlah siswa, akreditasi sekolah, dan hasil belajar menjadi tiga sekolah sebanyak 349 siswa yang SMP Banguntapan 1 sebanyak 215 siswa, SMP Banguntapan 5 sebanyak 107 siswa, dan SMP Bina Jaya sebanyak 27 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional random sampling berdasarkan tabel Krecjie Morgan pada taraf signifikansi 5% sebanyak 181 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus alpha cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Banguntapan. Hal ini ditunjukkan dari nilai 0,518>0,148 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; (2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Banguntapan. Hal ini ditunjukkan dari nilai 0,436>0,148 dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05; dan (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas VIII SMP di Kecamatan Banguntapan. Hal ini ditunjukkan dari nilai 0,590>0,148 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Hasil sumbangan efektif (SE) dari kedua variabel dalam penelitian ini sebesar 34,8%. Variabel lingkungan keluarga memberikan sumbangan sebesar 21,8% dan motivasi belajar memberikan sumbangan sebesar 13,00%, sedangkan sisanya 65,2% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Lingkungan Keluarga, Motivasi Belajar, dan Hasil Besar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 28 Aug 2015 00:24
Last Modified: 30 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25618

Actions (login required)

View Item View Item