PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN

Rofiq, Andriyan (2015) PENGARUH KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN KOMPENSASI NON FINANSIAL TERHADAP KINERJA GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rofiq Andriyan.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan pemberian kompensasi non financial secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Negeri seKabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah 1027 orang guru yang mengajar di 54 SMP Negeri seKabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate simple random sampling, dengan sampel terpilih sebanyak 91 guru yang berasal dari 37 SMP. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan data tersebut dianalisis dengan perhitungan regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kemampuan manajerial kepala sekolah mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri seKabupaten Sleman, dengan sumbangan efektif sebesar 38,1%; (2) Pemberian kompensasi non finansial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kabupaten Sleman dengan sumbangan efektif sebesar 18,6%. (3) Pengaruh kemampuan manajerial kepala sekolah dan kompensasi non finansial secara simultan mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru SMP Negeri se-Kabupaten Sleman dengan koefisien determinasi sebesar 56,7%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 06:00
Last Modified: 30 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25615

Actions (login required)

View Item View Item