PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA CIREBON SEBAGAI SEKOLAH RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL

Rizki, Fachrudin (2015) PERSEPSI GURU TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SEKOLAH MENEGAH KEJURUAN NEGERI 1 KOTA CIREBON SEBAGAI SEKOLAH RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rizki Fachrudin(NIM 07101244022).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi guru dan harapanharapan guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Kota Cirebon sebagai sekolah RSBI dilihat dari kepemimpinan menurut pendekatan sifatnya dengan variabel: ciri-ciri fisik, latar belakang sosial, kepribadian, ciri-ciri yang berkaitan dengan tugas, ciri-ciri yang berkaitan dengan sosial dan apa saja harapan-harapan guru terhadap kepala sekolahnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMKN 1 Kota Cirebon, Jawa Barat. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, total populasinya adalah 125 orang guru dengan jumlah sampel 70 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) persepsi guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah di SMKN 1 kota Cirebon sebagai sekolah RSBI masuk dalam kategori baik dengan persentase 76,13%, dilihat dari masing-masing indikator adalah sebagai berikut; (a) persepsi guru terhadap cir-ciri fisik kepala sekolahnya masuk dalam kategori cukup baik dengan persentase 66,57%; (b) persepsi guru terhadap latar belakang sosial kepala sekolahnya masuk dalam kategori sangat baik dengan persentase 89,04%; (c) persepsi guru terhadap kepribadian kepala sekolah masuk dalam kategori baik dengan persentase 77,65%; (d) persepsi guru terhadap ciri-ciri yang berkaitan dengan tugas kepala sekolah masuk dalam kategori baik dengan persentase 77,63%; (e) persepsi guru terhadap ciri-ciri yang berkaitan dengan sosial kepala sekolah masuk dalam kategori baik dengan persentase 74,28%. (2) Harapan-harapan guru terhadap kepemimpinan kepala sekolah SMKN 1 Kota Cirebon dilihat dari komentar terbanyak adalah: mampu meningkatkan mutu pendidikan di SMKN 1 Kota Cirebon (74,28%); memiliki wawasan internasional dan kemampuan akademik yang tinggi (58,57%); berorientasi ke masa depan (Visioner) (50%); mampu menciptakan iklim pendidikan yang baik di sekolah (50%); peduli terhadap bawahanya dan samasama mau bertanggung jawab (50%).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 05:57
Last Modified: 30 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25613

Actions (login required)

View Item View Item