IMPLEMENTASI SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK DISEKRETARIAT DAERAHDAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGADAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Rina, Suyuti (2015) IMPLEMENTASI SISTEM KEARSIPAN ELEKTRONIK DISEKRETARIAT DAERAHDAN DINAS PENDIDIKAN PEMUDA DAN OLAHRAGADAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RINA SUYUTI 09101241010.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi sistem kearsipan elektronik di Sekretariat Daerah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah arsiparis, teknisi software, dan Kepala Subbagian Arsip. Setting penelitian di Subbagian Arsip Bagian Administrasi Biro Umum, Humas, dan Protokol Sekretariat Daerah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Metode pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan interactive model (Miles dan Huberman) meliputi pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperoleh dengan melakukan uji kredibilitas, kebergantungan,dan kepastian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sistem kearsipan elektronik di Sekretariat Daerah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY didukung dengan perangkat sistem kearsipan elektronik yaitu hardware berupa komputer, printer, dot matrix printer, scanner, UPS, barcode reader serta software berupa Sisminkada. Proses sistem kearsipan elektronik meliputi proses pencatatan, pengendalian, pendistribusian, penyimpanan, dan penyusutan. Sistem kearsipan elektronik di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY merupakan hasil sosialisasi Subbagian Arsip menekankan pada proses pencatatan persuratan, (2) Kendala implementasi sistem kearsipan elektronik di Sekretariat Daerah dan Dinas Pendidikan Pemuda dan OlahragaDIYadalahSDM,fasilitas, dan dana.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 05:10
Last Modified: 30 Jan 2019 03:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25612

Actions (login required)

View Item View Item