PENANGANAN KONFLIK OLEH PEMIMPIN DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PURWOREJO

Rahabistara Tito, Hardika (2015) PENANGANAN KONFLIK OLEH PEMIMPIN DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Rahabistara Tito Hardika.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) sumber terjadinya konflik; dan (2) penanganan konflik oleh pemimpin di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala dinas, kepala bidang, kepala sub bagian, dan kepala seksi. Lokasi penelitian mengambil tempat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) sumber konflik antar staf yang terjadi di Dinas termasuk dalam kriteria terjadinya konflik disfungsional (dysfunctional conflict) yang merupakan konfrontasi atau interaksi antar kelompok yang membahayakan atau menghambat kinerja organisasi untuk tercapainya pencapaian tujuan organisasi; dan (2) Penanganan konflik oleh pemimpin di Dinas adalah proses manajemen konflik yang dilakukan dengan melakukan pendekatan kepada masingmasing pihak yang terlibat konflik, lalu menganalisis hal-hal yang menjadi pertimbangan sebelum memutuskan bagaimana tindakan yang tepat dalam memberikan solusi konflik yang terjadi sehingga pemimpin akan mengetahui cara yang tepat dalam menangani konflik yang terjadi, maka hal selanjutnya yang dilakukan pemimpin adalah penerapan solusi penanganan konflik yang akan dilakukan. Cara penanganan konflik oleh pemimpin tersebut termasuk dalam gaya kompromi, yaitu gaya manajemen konflik tengah atau menengah yang mana tingkat keasertifan dan kerjasama sedang. Dengan menggunakan strategi memberi dan mengambil (give and take), kedua belah pihak yang terlibat konflik mencari alternatif titik tengah yang memuaskan sebagian keinginan mereka.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Admin Administrasi Pendidikan FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 05:01
Last Modified: 30 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25609

Actions (login required)

View Item View Item