IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA

BUDI, TAAT SETYA (2015) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA IT ABU BAKAR YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 10406241011.swf - Published Version

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1). Proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah di SMA IT Abu Bakar, (2). Factor pendukung dalam proses implementasi dalam pembelajaran sejarah di SMA IT Abu Bakar, (3). Kendala yang dihadapi guru dalam implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekataan kualitatif. Subjek penelitian ini Kepala Sekolah, guru Sejarah,Waka Kurikulum dan juga siswa SMA IT Abu Bakar Yogyakarta. Data hasil penelitian diperoleh dengan menggunakan sistim wawancara ,observasi, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menguji keabsahan data yaitu teknik triangulasi data sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah di SMA IT Abu Bakar Yogyakarta diawali dengan menyusun perencanaan pembelajaran berupa silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mencantumkan nilai-nilai karakter. Nilai yang dikembangkan dalam pembelajaran merupakan nilai karakter yangdisusun oleh sekolah. Untuk memunculkan nilaitersebut, guru menggunakan metode ceramah dan diskusi. Dalam pelaksanaanya, pembelajaran Sejarah mengacu padatiga pilar pendidikan karakter yang meliputi moral knowing, moral feeling, dan moral doing. (2)Faktor pendukung proses implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah meliputi: muatan pelajaran sejarah yang berisi tetntang kisah masa lalu yang mampu menjadi panutan dan penuh dengan nilai-nilai. Kurikulum SMA IT yang memiliki cirri khas yakni perpaduan antara Kurikulum sekolah biasa dengan kepesantrenan atau kurikulum khas Islam Terpadu. Lingkungan sekolah yang mendukung, (3) Kendala proses Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran Sejarah meliputi faktor fisik berupa belum adanya laboratorium Sejarah, dan non fisik yang berupa muatan materi Sejarah yang terlalu banyak, keterbatasan guru dalam mengarahkan siswa dan memantau perkembangan siswa, dan pengawasan siswa di rumah yang kurang sinkron dengan sekolah Kata Kunci: Implementasi, Pendidikan Karakter, Pembelajran Sejarah

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sejarah
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Admin Pendidikan Sejarah FIS
Date Deposited: 27 Aug 2015 04:00
Last Modified: 30 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25600

Actions (login required)

View Item View Item