KONTROL SOSIAL GERAKAN MASYARAKAT SIPIL TERHADAP KASUS KEKERASAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA: STUDI PADA MASYARAKAT ANTIKEKERASAN YOGYAKARTA (MAKARYO)

Abidin, Zainal (2015) KONTROL SOSIAL GERAKAN MASYARAKAT SIPIL TERHADAP KASUS KEKERASAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA: STUDI PADA MASYARAKAT ANTIKEKERASAN YOGYAKARTA (MAKARYO). S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 11401241025.swf - Published Version

Download (2MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kontrol sosial yang dilakukan Makaryo terhadap pemerintah untuk menyelesaikan kasus kekerasan di Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive dengan subjek penelitian yaitu, Koordinator Makaryo dan beberapa LSM yang tergabung di dalamnya. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dengan teknik cross check data. Teknik analisis data secara induktif meliputi reduksi data, unitisasi dan kategorisasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, strategi kontrol sosial melalui upaya advokasi yang ditempuh Makaryo selama ini berkisar pada: Pembentukan koalisi Makaryo; Mengemas isu semenarik mungkin dalam bingkai (frame) “Jogja Darurat Kekerasan”; Menganalisis stakeholder dan identifikasi target; Menyusun strategi advokasi, yaitu berkisar pada pengajuan konsep banding, melakukan pembelaan yang diwujudkan melalui advokasi litigasi berupa penyelesaian kasus kekerasan melalui jalur hukum ke pengadilan, mempengaruhi pendapat umum melalui kampanye “Jogja darurat kekerasan”, mempengaruhi pembuat kebijakan, pelaksana kebijakan, dan pihak-pihak yang mempunyai pengaruh terhadap pembuat dan pelaksana kebijakan melalui desakan dan lobi, dan melancarkan tekanan berupa aksi-aksi demonstrasi. Beberapa diantaranya upaya kontrol sosial menunjukkan keberhasilan pada dimensi kebijakan dan dimensi masyarakat sipil. Kata kunci: kontrol sosial, masyarakat sipil, Yogyakarta the city of tolerance.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Hukum > Kewarganegaraan
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 27 Aug 2015 03:20
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25595

Actions (login required)

View Item View Item