Evaluasi Keterlaksanaan Penilaian Otentik (Authentic Assessment) pada Pembelajaran IPA SMP Negeri di Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara

Burhanuddin, Burhanuddin (2015) Evaluasi Keterlaksanaan Penilaian Otentik (Authentic Assessment) pada Pembelajaran IPA SMP Negeri di Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-burhanuddin-13708259053.swf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) bentuk penilaian yang dilakukan oleh pendidik IPA, (2) kualifikasi keterlaksanaan penilaian otentik, (3) kendala pendidik dalam menerapkan penilaian otentik pada pembelajaran IPA SMP Negeri di Pasangkayu kabupaten Mamuju Utara untuk semester I kelas VII tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Discrepancy Model yang dikembangkan oleh Malcolm Provus dengan pendekatan evaluatif. Pengumpulan data dilakukan melalui angket, wawancara dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari kepala sekolah, pendidik IPA dan peserta didik. Analisis data yang digunakan berupa analisis kuntitatif yang diperkuat dengan analisis kualitatif model Miles and Huberman. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Pertama, bentuk penilaian yang dilakukan pendidik IPA untuk aspek pengetahuan berupa pemberian tugas, tugas kelompok, ulangan harian, ulangan mid, dan ulangan semester; penilaian aspek sikap berupa observasi, penilaian antar teman, penilaian diri dan portofolio; dan penilaian aspek keterampilan berupa unjuk kerja, observasi dan tugas proyek. Kedua, keterlaksanaan penilaian otentik: aspek perencanaan secara umum mendapat skor rata-rata 3,44 (nilai B) dengan kategori penilaian baik atau sekitar 68,8% dengan persentase kesenjangan 31,2%; aspek pelaksanaan secara umum mendapat skor rata-rata 3,82 (nilai B) dengan kualifikasi baik atau sekitar 74,8% dengan persentase kesenjangan 25,2%, dan aspek pelaporan secara umum mendapat skor rata-rata 3,74 nilai B dengan kualifikasi baik. atau sekitar 76,2% dengan persentase kesenjangan 23,8%. Jika dirata-ratakan pada tiga aspek tersebut, maka kualifikasi keterlaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran IPA SMPN di Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara mendapat kualifikasi baik. Ketiga, kendala yang dihadapi oleh pendidik IPA SMP Negeri di Pasangkayu Kabupaten Mamuju Utara secara umum adalah minimnya pengetahuan pendidik tentang penilaian otentik sehingga pendidik IPA menilai bahwa penilaian otentik sangat rumit, aspek yang dinilai sangat banyak, dan waktu yang banyak untuk melaksanakan penilaian.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: evaluasi, keterlaksanaan, penilaian otentik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:26
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25593

Actions (login required)

View Item View Item