Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kontinuitas Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015

Hartanto, Muhammad (2015) Hubungan antara Motivasi Belajar dan Kontinuitas Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Bantul Tahun Ajaran 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 11416241010.swf - Published Version

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS, (2) hubungan antara kontinuitas belajar dengan hasil belajar IPS, dan (3) hubungan antara motivasi belajar dan kontinuitas belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar IPS. Penelitian ini termasuk penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Bantul yang berjumlah 217, terdiri dari 8 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik propotional random sampling. Jumlah sampel ditentukan berdasarkan rumus yang dikembangkan oleh Harry King dan diperoleh hasil 146 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Kuesioner diuji validitas dengan korelasi product moment dan reliabilitas dengan alpha cronbach. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,602>0,163) dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kontinuitas belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan r hitung lebih besar dari r tabel (0,580>0,163) dan nilai signifikansi sebesar 0,000; (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dan kontinuitas belajar dengan hasil belajar IPS yang ditunjukkan dengan nilai nilai R hitung sebesar 0,656 lebih besar dari R tabel (0,656>0,163) dan nilai signifikansi sebesar 0,000. Sumbangan relatif motivasi belajar sebesar 56% dan sumbangan relatif kontinuitas belajar sebesar 44%. Sedangkan sumbangan efektif motivasi belajar sebesar 24% dan sumbangan efektif kontinuitas belajar sebesar 19%. Kata kunci: Motivasi Belajar, Kontinuitas Belajar, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Aug 2015 02:57
Last Modified: 30 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25591

Actions (login required)

View Item View Item