PERBEDAAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN FIRING LINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANDAK

Hermaini, Indri (2015) PERBEDAAN METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE DAN FIRING LINE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANDAK. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI 11416241036.swf - Published Version

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan metode Everyone is a Teacher Here dan Firing Line dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan desain pretest-posttest randomized groups design. Populasinya yaitu seluruh kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak Tahun Ajaran 2014/2015, sedangkan sampelnya kelas VIII A dan VIII C. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Uji validitas instrumen berupa validitas isi dan konstruk. Uji reliabilitas yang digunakan yaitu rumus split-half (belah dua) dari Spearman-Brown untuk menghitung reliabilitas butir soal. Uji prasyarat analisis yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Uji hipotesis yang digunakan yaitu uji-t (independent sample t-test) terhadap gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode Everyone is a Teacher Here lebih tinggi dibandingkan hasil belajar IPS siswa yang menggunakan metode Firing Line. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan nilai pretest-posttest kelas eksperimen 1 (Everyone is a Teacher Here) sebesar 25,05% dan kelas eksperimen 2 (Firing Line) sebesar 18,09%. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Everyone is a Teacher Here dan Firing Line dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pandak. Hal ini dilihat dari hasil uji-t terhadap gain score pretest dan posttest yang menunjukkan bahwa t hitung>t tabel (2,499>2,005), juga diperoleh nilai sig. (2-tailed) 0,016

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Aug 2015 02:52
Last Modified: 30 Jan 2019 03:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25589

Actions (login required)

View Item View Item