Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar

Vilmala, Berry Kurnia (2015) Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Berbasis Android pada Materi Fluida Statis untuk Meningkatkatkan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Ditinjau dari Motivasi Belajar. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-berry-kurnia-vilmala-13708251029.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran fisika berbasis android pada materi fluida statis peserta didik SMA, dan (2) mengetahui apakah media pembelajaran fisika berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik ditinjau dari motivasi belajar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Hasil produk pengembangan diterapkan di kelas eksperimen sedangkan di kelas kontrol dengan cara konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan rancangan nonequivalent control-group design. Populasi penelitian adalah seluruh kelas XI SMA N 10 Yogyakarta yang terdiri dari empat kelas. Dari empat kelas tersebut diambil dua kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tahap penelitian ini terdiri atas: (1) perencanaan, (2) desain produk, dan (3) pengembangan. Proses perencanaan yaitu mengumpulkan informasi awal yang tediri dari analisis awal dan analisis kebutuhan. Proses desain produk yaitu mendesain naskah materi pelajaran, pembuatan komponen produk, pembuatan flowchart, dan pembuatan storyboard. Proses pengembangan yaitu membuat program media pembelajaran fisika berbasis android, uji coba awal produk terhadap ahli materi dan ahli media, revisi hasil uji coba awal, uji coba lapangan terhadap empat orang guru fisika dan lima orang teman sejawat, revisi hasil uji coba lapangan, uji coba terbatas terhadap lima orang peserta didik, revisi uji coba terbatas, uji lapangan terhadap 26 peserta didik. Data dikumpulkan melalui lembar evaluasi dari ahli materi, ahli media, guru fisika, teman sejawat dan peserta didik terhadap media pembelajaran yang dikembangkan. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) media pembelajaran fisika berbasis android dinilai baik oleh ahli materi, ahli media, guru fidsika, teman sejawat dan peserta didik dan dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika (2) media pembelajaran fisika berbasis android tidak dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik ditinjau dari motivasi belajar

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran fisika berbasis android, hasil belajar kognitif, motivasi belajar
Subjects: Pendidikan > Teknologi Pendidikan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:26
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25588

Actions (login required)

View Item View Item