Sardin, Sardin (2015) Perbandingan Keefektifan Pendekatan Pembelajaran Guided Inquiry dan Pembelajaran Problem Solving Ditinjau dari Prestasi Belajar Peluang, Kemampuan Penalaran Siswa, dan Sikap Siswa terhadap Matematika SMA Kelas XI Semester 2. S2 thesis, UNY.
![]() |
Text
tesis-sardin-13709251053.swf Download (8MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan pendekatan pembelajaran guided inquiry dan pembelajaran problem solving ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran siswa, dan sikap siswa terhadap matematika SMA kelas XI semester 2. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-postest nonequivalent comparison-group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Baubau semester genap tahun pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 10 kelas. Kemudian dipilih dua kelas secara acak dari kesepuluh kelas tersebut. Dua kelas yang terpilih yakni kelas XI IPA 3 dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen yang mempunyai kemampuan awal yang setara. Kemudian dari dua kelas tersebut dipilih secara acak untuk menentukan jenis pendekatan pembelajaran yang akan digunakan, sehingga diperoleh kelas XI IPA 3 diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran problem solving dan kelas XI IPA 4 diberi perlakuan dengan pendekatan pembelajaran guided inquiry. Masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Dari kedua kelas tersebut diberi instrumen pretest dan posttest tentang prestasi belajar dan kemampuan penalaran matematika, serta angket sikap siswa terhadap matematika sebelum dan sesudah perlakuan. Untuk menguji keefektifan pembelajaran digunakan uji one sample t-test; untuk menguji perbedaan keefektifan menggunakan uji MANOVA (multivariate tests); untuk mengetahui pembelajaran mana yang lebih efektif menggunakan uji independent sample t-test. Adapun hasil penelitian ini adalah: 1) pendekatan pembelajaran guided inquiry dan pembelajaran problem solving masing-masing efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penalaran siswa, dan sikap siswa terhadap matematika, 2) pendekatan pembelajaran guided inquiry sama efektifnya dengan pembelajaran problem solving ditinjau dari prestasi belajar dan sikap siswa terhadap matematika, dan 3) pendekatan pembelajaran guided inquiry lebih efektif dari pada pembelajaran problem solving ditinjau dari kemampuan penalaran matematika siswa.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran guided inquiry, pembelajaran problem solving, prestasi belajar, penalaran matematika, dan sikap siswa terhadap matematika |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 27 Aug 2015 08:26 |
Last Modified: | 09 May 2019 02:37 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25587 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |