Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Menggunakan Model Penilaian Teman Sejawat bagi Mahasiswa Program Studi Sekretari

Raharja, Hendra (2015) Upaya Peningkatan Kemampuan Menulis Surat Dinas Menggunakan Model Penilaian Teman Sejawat bagi Mahasiswa Program Studi Sekretari. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-hendra-raharja-13706251079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model penilaian teman sejawat pada mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia II di Program Studi Sekretari ASMI Santa Maria Yogyakarta, dan (2) mengetahui peningkatan kemampuan mahasiswa menulis surat dinas menggunakan model penilaian teman sejawat pada mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia II di Program Studi Sekretari ASMI Santa Maria Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian ini adalah 15 mahasiswa semester IV kelompok A Program Studi Sekretari ASMI Santa Maria Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi, tes menulis surat dinas, catatan lapangan, angket, dan wawancara. Kriteria keberhasilan tindakan dilihat dari keberhasilan proses dan keberhasilan produk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model penilaian teman sejawat dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis surat dinas. Peningkatan dapat dilihat dari proses dan produk. Peningkatan proses ditunjukkan dengan peningkatan keaktifan dan pemahaman mahasiswa. Peningkatan produk ditunjukkan dengan peningkatan dari skor rata-rata mahasiswa sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 53,6 dan setelah pelaksanaan tindakan pada Siklus III sebesar 88,4. Peningkatan skor rata-rata dari pratindakan hingga Siklus III sebesar 34,8.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: menulis surat dinas, penilaian teman sejawat
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:26
Last Modified: 11 Nov 2022 06:09
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25585

Actions (login required)

View Item View Item