PENGGUNAAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF MAGELANG

Rahayu, Anasa Kurniati (2015) PENGGUNAAN METODE DEBAT AKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 ALTERNATIF MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img] Text
ANASA KURNIATI RAHAYU_11108244108.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil pembelajaran keterampilan berbicara dengan menggunakan metode debat aktif pada siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pola kolaboratif. Subjek penelitian siswa kelas V Abdullah bin Umar SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang yang berjumlah 36 orang siswa. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data menggunakantes untuk menilai hasil pembelajaran keterampilan berbicara dan observasi untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan metode debat aktif. Teknik analisis data menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Penggunaan metode debat aktif dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V Abdullah bin Umar SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang. Pada pelaksanaan tindakan siklus I, sebagian besar siswa masih ragu-ragu saat berbicara di hadapan guru dan siswa lain. Penggunaan tekanan, ucapan, dan pemilihan kata sudah cukup baik. Namun, penguasaan topik dan struktur perlu ditingkatkan lagi. Pada pelaksanaan tindakan siklus II, unsur keberanian, kelancaran, penggunaan tekanan dan ucapan, serta pemilihan kata dikuasai dengan baik oleh siswa. Siswa pun bisa memahami topik pembicaraan dengan baik. Penggunaan struktur kalimat perlu ditingkatkan lagi dengan memberikan latihan berbicara secara intensif pada siswa. Peningkatan proses pembelajaran keterampilan berbicara berdampak pada peningkatan nilai rata-rata keterampilan berbicara. Peningkatan pada siklus I sebesar 11, yang kondisi awal 51,3 menjadi 62,3 dan pada siklus II sebesar 23,9, yangkondisi awal 51,3 menjadi 75,2. Penelitian penggunaan metode debat aktif untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Alternatif Magelang berhasil dalam proses dan hasilnya. Kata kunci: metode debat aktif, keterampilan berbicara.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:26
Last Modified: 30 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25582

Actions (login required)

View Item View Item