PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES KELAS IV SD NEGERI NGABEAN SECANG MAGELANG

Manar, Pradini Ghoida (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI STRATEGI MULTIPLE INTELLIGENCES KELAS IV SD NEGERI NGABEAN SECANG MAGELANG. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
PRADINI GHOIDA MANAR_11108241039.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui strategi Multiple Intelligences pada siswa kelas IV SD Negeri Ngabean Secang Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Di dalam penelitian ini, peneliti berkolaborasi dengan guru kelas IV SD Negeri Ngabean Secang Magelang, sebagai pelaksana tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Ngabean yang berjumlah 37 siswa. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar IPA melalui strategi Multiple Intelligences pada siswa kelas IV SD Negeri Ngabean. Peningkatan hasil belajar IPA dapat dilihat dari proses hasil tes yang meningkat di setiap siklusnya. Peningkatan hasil belajar IPA dilakukan dengan memunculkan kegiatan pembelajaran yang melibatkan Multiple Intelligences, antara lain verbal linguistis, logis matematis, visual spasial, kinestetis, musikal, interpersonal, intrapersonal dan naturalis yang dimunculkan dalam kegiatan pembelajaran. Proses peningkatan hasil belajar IPA ditunjukkan dengan hasil observasi aktivitas guru yang memperoleh kategori sangat baik. Aktivitas siswa juga memperoleh hasil sangat baik, baik dalam ranah afektif maupun psikomotor. Peningkatan hasil belajar IPA dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa dengan materi “Gaya” dan ketuntasan belajar sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM=75). Nilai siswa pra-tindakan yang mencapai standar ketuntasan minimal sebesar 49% dengan jumlah 18 siswa, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 84% dengan jumlah 31 siswa dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan jumlah 37 siswa. Kata kunci: strategi Multiple Intelligences, hasil belajar IPA

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:26
Last Modified: 30 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25580

Actions (login required)

View Item View Item