PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PANDAK BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Utaminingrum, Septiana (2015) PENGARUH MEDIA AUDIOVISUAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA SISWA KELAS V SD DI KECAMATAN PANDAK BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Skripsi Septiana Utaminingrum.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh yang signifikan pada keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang diajar menggunakan media audiovisual, dan (2) perbedaan pengaruh media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dibanding menggunakan metode konvensional (ceramah) dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pre-eksperimental designs dengan metode one group pre-test-post-test design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V di Sekolah Dasar di kecamatan Pandak Bantul yang berjumlah 40 siswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes awal (pre-test) dan tes akhir (pos-test). Teknik analisis data menggunakan uji paired t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audiovisual terhadap efektifitas pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD Di Kecamatan Pandak Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (12,353>2,042), dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari signifikansi 0,05 (0,000<0,05); dan (2) terdapat perbedaan pengaruh media audiovisual dalam pembelajaran keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta dibanding menggunakan metode konvensional yang ditunjukkan dari hasil nilai rata-rata pada posttest lebih besar dari pada pada pretest (17,65>14,65). Besarnya peningkatan tingkat keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang diajar menggunakan metode konvensional dan tingkat keterampilan menyimak cerita siswa kelas V SD di kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta yang diajar menggunakan media audiovisual sebesar 3,00. Kata Kunci: media audio visual, keterampilan menyimak cerita, dan pembelajaran, bahasa indonesia

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Media Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 08:26
Last Modified: 30 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25578

Actions (login required)

View Item View Item