Hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dengan Kemandirian Belajar IPS Peserta Didik SMP Negeri 1 Berbah Sleman

Wardhani, Novia Kusuma (2015) Hubungan antara Pemanfaatan Perpustakaan Sekolah Dengan Kemandirian Belajar IPS Peserta Didik SMP Negeri 1 Berbah Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI NOVIA KUSUMA W 11416241032.pdf.swf - Published Version

Download (3MB)
[img] Text (FIS Digital)
SKRIPSI NOVIA KUSUMA W 11416241032.pdf_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (27MB)

Abstract

Kurangnya pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh peserta didik menyebabkan kurangnya kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara pemanfaatan perustakaan sekolah dengan kemandirian belajar IPS peserta didik SMP Negeri 1 Berbah Sleman. Penelitian ini adalah penelitian korelasional yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah peserta didik di SMP Negeri 1 Berbah Sleman, yang berjumlah 346 peserta didik. Dari populasi tersebut diambil sampel sebanyak 177 peserta didik dengan menggunakan teknik Proportionate Stratefied Random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar angket. digunakan untuk mengumpulkan data variabel pemanfaatan perpustakaan sekolah dan kemandirian belajar IPS. Uji coba instrumen dilakukan pada 30 responden yang diambil dari populasi diluar sampel. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis korelasi Product Moment dari Karl Pearson. Adapun penerimaan dan penolakan uji hipotesis tersebut menggunakan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemanfaatan perpustakaan sekolah dengan kemandirian belajar IPS peserta didik SMP Negeri 1 Berbah Sleman. Hal ini dapat dilihat dari nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel (0,589>0,148) dan untuk nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Hasil determinan (r2) sebesar 0,347. Nilai tersebut berarti 34,7% kemandirian belajar IPS peserta didik dipengaruhi oleh pemanfaatan perpustakaan dan 65,3% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci : Perpustakaan Sekolah, Kemandirian Belajar IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Aug 2015 00:56
Last Modified: 30 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25574

Actions (login required)

View Item View Item