Pengembangan Ensiklopedia IPS Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Semester I

Surur, Misbahus (2015) Pengembangan Ensiklopedia IPS Sebagai Sumber Belajar IPS SMP Kelas VII Semester I. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi 10416241042.swf - Published Version

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengembangkan ensiklopedia sebagai sumber belajar IPS SMP kelas VII semester I; 2) mengetahui kelayakan sumber belajar ensiklopedia; 3) mengetahui tanggapan guru dan siswa terhadap sumber belajar ensiklopedia. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Tahap-tahap pengembangan meliputi: 1) penentuan potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain oleh ahli materi dan ahli media; 5) revisi desain; 6) uji coba produk terbatas pada guru IPS SMP Negeri 3 Godean dan siswa kelompok kecil berjumlah 5 orang; 7) revisi produk; 8) uji coba pemakaian pada siswa kelompok besar berjumlah 32 orang; 9) revisi produk; 10) produksi massal. Instrumen pengumpulan data berupa angket/lembar validasi untuk validator dan angket penilaian untuk tanggapan guru dan siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tahapan pengembangan ensiklopedia IPS SMP kelas VII semester I meliputi penentuan potensi dan masalah, pengumpulan data, dan desain produk; 2) kelayakan ensiklopedia ditentukan melalui validasi desain oleh ahli materi dan ahli media, setelah dilakukan revisi desain diperoleh skor rata-rata 4,16 dari skala 5 oleh ahli materi dengan kategori baik dan skor rata-rata 3,75 dari skala 5 oleh ahli media dengan kategori baik; 3) tanggapan guru dan siswa terhadap ensiklopedia diperoleh melalui uji coba produk melibatkan guru dan 5 siswa SMP, revisi produk, dan uji coba pemakaian melibatkan 32 siswa SMP, diperoleh skor rata-rata 4,60 dari skala 5 oleh guru dengan kategori sangat baik dan 4,45 dari skala 5 oleh siswa dengan kategori sangat baik. Kata Kunci: Sumber Belajar, Ensiklopedia, IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 27 Aug 2015 00:22
Last Modified: 30 Jan 2019 03:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25571

Actions (login required)

View Item View Item