Dzikrina Istighfaroh, Dzikrina (2015) KEEFEKTIFAN STRATEGI SURVEY- QUESTION- PREDICT- READ- RESPOND- SUMMARIZE DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPLANASI PADA SISWA KELAS VII SMP N 1 SALAMAN MAGELANG JAWA TENGAH. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
Skripsi Fix.pdf Download (55MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca pemahaman teks eksplanasi antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran SQP2RS dan siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan metode saintifik. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk membuktikan keefektifan strategi SQP2RS dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salaman Magelang Jawa Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian jenis eksperimen semu dengan menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Salaman yang terbagi dalam enam kelas, sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas VII E sebagai kelas kontrol dan kelas VII C sebagai kelas eksperimen. Sampel penelitian tersebut dipilih teknik simple random sampling. Variabel penelitian ini menggunakan variabel bebas dan variabel terikat.Variabel bebas adalah strategi SQP2RS, sedangkan variabel terikat adalah kemampuan membaca pemahaman eksplanasi setelah mendapatkan pembelajaran dengan strategi SQP2RS. Analisis data menggunakan uji-t untuk sampel berhubungan dan uji-t untuk sampel bebas yang dihitung menggunakan program komputer SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan kemampuan membaca pemahaman eksplanasi yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman eksplanasi dengan menggunakan strategi SQP2RS dan siswa yang mendapat pembelajaran membaca pemahaman eksplanasi menggunakan metode saintifik. Hal tersebut ditunjukkan dengan hasil perhitungan uji-t untuk sampel bebas berupa skor thitung sebesar 2,574, df sebesar 54, dan P sebesar 0,013. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (P 0,013 < 0,05) maka signifikan; (2) Strategi SQP2RS efektif digunakan dalam pembelajaran membaca pemahaman teks eksplanasi pada siswa kelas VII SMP N 1 Salaman Magelang. Hal tersebut ditunjukkan oleh data skor pretes dan postes kelompok eskperimen bahwa thitung sebesar 7,467, df sebesar 27, dan P sebesar 0,000. Pemahaman siswa yang dilihat dari pemahaman literal, mereorganisasi, inferensial, evaluasi, dan apresiasi juga meningkat.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Admin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS |
Date Deposited: | 26 Aug 2015 06:05 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 03:05 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25568 |
Actions (login required)
View Item |