PERANAN KARANG TARUNA SEJATI DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PEMUDA PADA BIDANG WIRAUSAHA DI DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL

Fatoni, Muhammad Taufik (2015) PERANAN KARANG TARUNA SEJATI DALAM UPAYA PEMBERDAYAAN PEMUDA PADA BIDANG WIRAUSAHA DI DESA SENDANGSARI, KECAMATAN PAJANGAN, KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Skripsi Full 08413241008.swf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text (FIS Digital)
Skripsi Full 08413241008.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Karang Taruna sebagai lembaga sosial kepemudaan non partisan memiliki peran vital dalam melakukan mobilisasi kepada para pemuda agar memiliki kesadaran hidup bermasyarakat yang tinggi. Selain itu peranan Karang Taruna juga dapat berupa gerakan dan upaya untuk memberdayakan pemuda dan memaksimalkan berbagai potensi yang ada dilingkungannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan Karang Taruna Sejati di Desa Sendangsari dalam memberdayakan pemuda di bidang wirausaha. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini adalah analasis deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, namun untuk mendapatkan gambaran lebih jelas penulis juga melakukan observasi langsung ke lapangan dan juga melakukan kegiatan dokumentasi terkait data-data pendukung yang diperlukan. Adapun responden/ informan dalam penelitian ini sebanyak enam orang. Penentuan sampel/informan dalam penelitian ini dengan menggunakan metode random sampling. Hasil penelitian ini secara umum dapat diketahui bahwa Karang Taruna Sejati dalam memberdayakan para pemuda melalui wirausaha telah berbuah hasil, dimana pemuda dapat menggunakan warung dan kios sebagai tempat berwirausaha. Selain itu hasil dari penelitian ini antara lain: (1) Motivasi para pengurus dan anggota melakukan upaya pemberdayaan merupakan sebagai sebuah konsep pengabdian kepada masyarakat; (2) Karang Taruna Sejati melakukan pemberdayaan dengan berbagai kegiatan. Mulai dari penguatan organisasi Karang Taruna, Usaha Ekonomi Produktif (UEP), jaringan kerjasama dan kemitraan, aksi sosial, hingga kontrol sosial; (3) Kegiatan pemberdayaan ini dibantu pendanaannya oleh pemerintah desa, dinas sosial, beberapa donatur, dan juga kas Karang Taruna; (4) Hambatan dalam melaksanakan pemberdayaan ini berasal dari internal maupun eksternal Karang Taruna; (5) Hasil akhir yang diperoleh oleh para pengurus dan anggota Karang Taruna dalam upaya melakukan pemberdayaan ini adalah peningkatan kemandirian dan kekuatan internal para pemuda di Desa Sendangsari guna mewujudkan kesejahteraan bersama. Kata kunci: karang taruna, pemberdayaan, wirausaha.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 26 Aug 2015 04:05
Last Modified: 30 Jan 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25561

Actions (login required)

View Item View Item