HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN SOFT SKILLS DENGAN NILAI PRAKTIK PROSES PEMESINAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK PIRI I YOGYAKARTA

Erwin , Fauzi (2012) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PEMAHAMAN SOFT SKILLS DENGAN NILAI PRAKTIK PROSES PEMESINAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK PEMESINAN SMK PIRI I YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
THE CORRELATION BETWEEN THE COMPREHENSION LEVEL OF SOFT SKILLS WITH VALUE OF MACHINING PROCESS PRACTICE STUDENT OF X’ CLASS MECHANICAL ENGINEERING DEPARTMENT SMK PIRI I YOGYAKARTA.pdf

Download (137kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat pemahaman soft skills; (2) gambaran nilai Praktik Pemesinan; dan (3) hubungan antara tingkat pemahaman soft skills dengan nilai praktik proses pemesinan siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan teknik analisis data deskriptif persentase dan korelasi product moment. Populasi penelitian adalah siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat pemahaman soft skills siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta termasuk kategori tinggi yaitu mayoritas siswa memiliki skor di atas 85; (2) lebih dari separuh (56.25%) siswa memiliki nilai praktik pemesinan kategori tinggi dan sisanya termasuk kategori sedang; (3) ada hubungan positif antara tingkat pemahaman soft skills dengan nilai praktik proses pemesinan siswa kelas X jurusan Teknik Pemesinan SMK PIRI I Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan oleh koefisien korelasi product moment sebesar 0.571 yang termasuk korelasi sedang atau cukup, sedangkan r hitung lebih besar dari r tabel pada taraf signigikansi 5% yang berarti hipotesis alternatif diterima dengan besar kontribusi sebanyak 32.60%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 1141 not found.
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:45
Last Modified: 29 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2556

Actions (login required)

View Item View Item