HAMBATAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI JUMENENG LOR SLEMAN DALAM BELAJAR OLAHRAGA PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG

Joko Sunaryo (2015) HAMBATAN PSIKOLOGIS SISWA KELAS IV DAN V SEKOLAH DASAR NEGERI JUMENENG LOR SLEMAN DALAM BELAJAR OLAHRAGA PERMAINAN TRADISIONAL EGRANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Joko Sunaryo, NIM 13604227119.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Permasalahan penelitian adalah beberapa siswa kelas IV dan V SD Negeri Jumeneng Lor Sleman masih ada yang merasa takut, kurang percaya diri saat bermain egrang yang disebabkan karena ketinggian egrang dan kondisi fisik yang kurang baik. Tujuan penelitian adalah mengetahui besarnya hambatan psikologis siswa kelas IV dan V SD Negeri Jumeneng Lor Sleman dalam belajar olahraga permainan tradisional egrang. Penelitian ini menggunakan metode survei dalam bentuk skor/ nilai. Populasi penelitian adalah keseluruhan siswa kelas IV dan V SD Negeri Jumeneng Lor Sleman sejumlah 40 siswa. Instrumen penelitian adalah angket model tertutup. Uji coba instrumen: keseluruhan 30 butir pernyataan valid (tidak ada yang gugur) dan pembuktian reliabilitas instrumen telah memenuhi syarat, karena hasil pengujian koefisien reliabilitas instrumen di atas koefisien reliabilitas minimal, yaitu: (0,69 > 0,6). Teknik analisis data secara deskriptif kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat hambatan psikologis siswa kelas IV dan V SD Negeri Jumeneng Lor Sleman dalam belajar olahraga permainan tradisional egrang, untuk kategori sangat tinggi sebesar 0 %; tinggi 20 %; sedang 55%; rendah 20 %; dan sangat rendah 5 %.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Psikologis, Siswa SD, Permainan Tradisional Egrang.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25558

Actions (login required)

View Item View Item