Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Susan Loucks-Horsley untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Menumbuhkan Meta Knowledge Peserta Didik SMP

Nurhayati, Asti dewi (2015) Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Model Susan Loucks-Horsley untuk Meningkatkan Scientific Literacy dan Menumbuhkan Meta Knowledge Peserta Didik SMP. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-asti-dewi-nurhayati-13708251111.swf

Download (59MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (a) menghasilkan perangkat pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley yang layak, dan (b) efektifitas perangkat pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley terhadap scientific literacy dan meta knowledge peserta didik tingkat SMP. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model yang dikembangkan Borg & Gall. Prosedur penelitian meliputi:(1) tahap studi pendahuluan, (2) desain produk, (3) validasi, (4) uji coba dan revisi produk hingga menghasilkan produk akhir. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah siswa SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sejumlah 29-32 orang/kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik dokumentasi, pedoman wawancara, lembar validasi perangkat pembelajaran, angket sikap ilmiah dan spiritual, angket keterbacaan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Model Susan Loucks Horsley, lembar observasi aspek komunikasi, lembar observasi aspek kolaborasi, dan tes (pretest dan posttest). Saran dari para validator juga menjadi dasar perbaikan perangkat pembelajaran sebelum melanjutkan pada uji coba berikutnya. Hasil penelitian terhadap perangkat pembelajatan IPA yang dikembangkan secara umum mendapatkan kriteria kelayakan A dengan rata-rata percentage agreement oleh dosen ahli dan guru IPA hasil adalah 99,01% dan 99,07%. Untuk aspek communication dan collaboration skills peserta didik mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya. Rata-rata hasil ketercapaian aspek communication skills secara berturut-turut adalah 17,81; 20,22; dan 22,25. Sedangkan untuk aspek collaboration skills rata-rata hasil ketercapaiannya adalah 24,25 ; 25,97; dan 27,06. Perangkat pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley layak digunakan untuk meningkatkan scientific literacy peserta didik dilihat dari skor rata-rata yang diperoleh pada saat pretest 58,75 dan posttest 90,63. Gain skor yang diperoleh 31,88 dan gain ternormalisasi diperoleh 0,77 dengan kriteria peningkatannya berkategori ‘’tinggi’’. Hasil nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dengan uji Independent-Sample T-Test yang berarti bahwa pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran IPA berbasis model Susan Loucks-Horsley memberikan pengaruh yang signifikan terhadap scientific literacypeserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran IPA, Model Susan Loucks-Horsley, communication, collaboration, scientific literacy
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25557

Actions (login required)

View Item View Item