Keterlaksanaan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta

Ristiono, Andika (2015) Keterlaksanaan Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-andika-ristiono-13708251100.swf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengkaji seberapa tinggi tingkat keterlaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta; (2) mengkaji hubungan antara latar belakang pendidikan guru dengan keterlaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta; (3) mengkaji hubungan antara kelengkapan laboratorium fisika dengan keterlaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta; dan (4) untuk mengetahui apa saja kendala dalam pelaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survey yang menggunakan pendekatan deskriptif korelasional. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah guru fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta, sedangkan untuk objek penelitiannya yaitu keterlaksanaan penilaian otentik, latar belakang pendidikan guru, dan kelengkapan laboratorium fisika. Pengumpulan data menggunakan angket, lembar observasi, dan pedoman penilaian dokumen. Teknik analisis deskriptif menggunakan tingkat kriteria, untuk teknik analisis korelasi menggunakan Spearman Correlation dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat keterlaksanaan penilaian otentik pada pembelajaran fisika di SMA Negeri Kota Yogyakarta berada pada kategori cukup tinggi; (2) latar belakang pendidikan guru memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keterlaksanaan penilaian otentik, dengan nilai p atau sig. 0,018 < 0,05; (3) kelengkapan laboratorium fisika memiliki hubungan positif yang signifikan dengan keterlaksanaan penilaian otentik, dengan nilai p atau sig. 0,047 < 0,05; (4) secara umum kendala yang dihadapi oleh guru yaitu: (a) kurangnya pemahaman guru terhadap perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil penilaian otentik; (b) jumlah peserta didik yang terlalu banyak; (c) kurangnya waktu yang tersedia untuk perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil penilaian otentik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penilaian otentik, latar belakang pendidikan, kelengkapan laboratorium
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25555

Actions (login required)

View Item View Item