Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Problem-Based Learning pada Materi Aturan Pencacahan dan Peluang Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Adaptive Reasoning, dan Self-Confidence Siswa SMK

Wirasasmita, Anastasia Shinta (2015) Keefektifan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing dengan Problem-Based Learning pada Materi Aturan Pencacahan dan Peluang Ditinjau dari Prestasi Belajar, Kemampuan Adaptive Reasoning, dan Self-Confidence Siswa SMK. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-anastasia-shinta-wirasasmita-13709251001.swf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran dengan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan Problem-Based Learning, (2) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran pendekatan saintifik, dan (3) menentukan mana yang lebih efektif antara pembelajaran matematikamodel pembelajaran penemuan terbimbing dengan Problem-Based Learningdan pembelajaran pendekatan saintifik ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan adaptive reasoning dan self-confidence siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan pretest-posttest non-equivalent control-group design. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas XI SMK N 6 Yogyakarta yang terdiri dari 13 kelas. Kelas XI AP 1 dan XI AP 2 ditentukan sebagai sampel penelitian secara acak. Kelas XI AP 1 diberikan pelakuan menggunakan model pembelajaran penemuan terbimbing dengan Problem-Based Learning dan kelas XI AP 2 diberikan perlakuan pembelajaran pendekatan saintifik. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi tes prestasi belajar berbentuk pilihan ganda (15 butir soal), tes kemampuan adaptive reasoning berbentuk uraian (4 butir soal), dan angket self-confidence (20 butir pernyataan). Untuk mengetahui keefektifan pembelajaran model penemuan terbimbing dengan Problem-Based Learning pada masing-masing variabel, digunakan uji one sample t-test. Selanjutnya, untuk menentukan metode yang lebih efektif, data dianalisis secara multivariat menggunakan uji T2 Hotteling’s. Jika terdapat perbedaan keefektifan, maka dilakukan uji lanjut t-univariat untuk menentukan variabel-variabel tertentu yang berkontribusi terhadap perbedaan secara keseluruhan. Setiap analisis dilakukan pada taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran model penemuan terbimbing dengan Problem-Based Learning efektif ditinjau dari prestasi belajar dan self-confidence siswa, namun tidak efektif ditinjau dari kemampuan adaptive reasoning, (2) pembelajaran pendekatan saintifik tidak efektif ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan adaptive reasoning, namun efektif ditinjau dari self-confidence siswa, dan (3) pembelajaran matematika model penemuan terbimbing denganProblem-Based Learning lebih efektif daripada pembelajaran pendekatan saintifik ditinjau prestasi belajar.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran penemuan terbimbing dengan Problem-Based Learning, pembelajaran pendekatan saintifik, kemampuan adaptive reasoning, self-confidence siswa
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:45
Last Modified: 09 May 2019 02:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25553

Actions (login required)

View Item View Item