PENGARUH KONDISI SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL

Noni Suci Aristyani, Noni Suci (2015) PENGARUH KONDISI SISWA DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK MUHAMMADIYAH 1 TEMPEL. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) kondisi siswa terhadap motivasi belajar; (2) lingkungan belajar terhadap motivasi belajar; (3) kondisi siswa dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 83 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi siswa terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel , dengan rx1y sebesar 0,239; r2x1y sebesar 0,057 yang berarti bahwa kondisi siswa mempengaruhi motivasi belajar sebesar 5,7%; dan signifikansi 0,029 lebih kecil dari 0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan rx2y sebesar 0,243; r2x2y sebear 0,059 yang berarti bahwa lingkungan belajar mempengaruhi motivasi belajar sebesar 5,9%; dan signifikansi 0,027 lebih kecil dari 0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan kondisi siswa dan lingkungan belajar secara bersama-sama terhadap motivasi belajar siswa kelas XI Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Tempel dengan R sebesar 0,301; R2 sebesar 0,091 yang artinya kondisi siswa dan lingkungan belajar mempengaruhi motivasi belajar sebesar 9,1%, dan signifikansi 0,022 lebih kecil dari 0,05. Kata kunci: kondisi siswa, lingkungan belajar, motivasi belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25552

Actions (login required)

View Item View Item