HUBUNGAN MINAT, FASILITAS DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR REPARASI MESIN LISTRIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK LISTRIK SMK NEGERI 1 SEDAYU

Agung Budi , Wibawa (2012) HUBUNGAN MINAT, FASILITAS DAN DISIPLIN BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR REPARASI MESIN LISTRIK SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK LISTRIK SMK NEGERI 1 SEDAYU. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (75kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) hubungan antara minat belajar dan prestasi belajar reparasi mesin listrik siswa kelas XI program keahlian teknik listrik SMK Negeri 1 Sedayu, (2) hubungan antara fasilitas belajar dan prestasi belajar reparasi mesin listrik siswa kelas XI program keahlian teknik listrik SMK Negeri 1 Sedayu, (3) hubungan antara disiplin belajar dan prestasi belajar reparasi mesin listrik siswa kelas XI program keahlian teknik listrik SMK Negeri 1 Sedayu, (4) hubungan minat, fasilitas dan disiplin belajar dengan prestasi belajar reparasi mesin listrik siswa kelas XI program keahlian teknik listrik SMK Negeri 1 Sedayu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah expost facto bersifat korelatif yang terdiri dari beberapa tahap yaitu, (1) penyusunan proposal, (2) penyusunan instrumen, (3) pengambilan data, dan (4) analisis data dan pengambilan keputusan. Sampel penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian teknik listrik SMK Negeri 1 Sedayu Bantul yang berjumlah 82 siswa dari populasi yang berjumlah 103 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik proportional random sampling. Pengambilan data pada penelitian ini menggunakan angket untuk variabel minat, fasilitas dan disiplin belajar serta nilai rapor semester genap untuk variabel prestasi belajar. Uji hipotesis ke-1,2,3 menggunakan analisis korelasi sederhana, dan uji hipotesis ke-4 menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar reparasi mesin listrik, dimana rhitung 0,229 > rtabel 0,213 dengan N=82 pada taraf signifikansi 5%, (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dan prestasi belajar reparasi mesin listrik, dimana rhitung 0,267 > rtabel 0,213 dengan N=82 pada taraf signifikansi 5%, (3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara disiplin belajar dan prestasi belajar reparasi mesin listrik, dimana rhitung 0,288 > rtabel 0,213 dengan N=82 pada taraf signifikansi 5%, (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat, fasilitas, disiplin belajar dengan prestasi belajar reparasi mesin listrik, dimana Fhitung 3,232 > Ftabel 2,72 dengan N=82 pada taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Divisions: Fakultas Teknik > Jurusan Teknik Elektro > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: admin FT
Date Deposited: 23 Jul 2012 02:39
Last Modified: 23 Jul 2012 02:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2555

Actions (login required)

View Item View Item