PERAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Tiyas Rupiasih, Tiyas Rupiasih (2015) PERAN PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Pendidikan Administrasi Perkantoran.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pembelajaran kewirausahaan dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta berjumlah 64 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Uji validitas butir dilakukan dengan teknik korelasi Product Moment dari Pearson. Sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran pembelajaran kewirausahaan dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta termasuk dalam kategori berperan dengan persentase sebesar 78,1% atau 50 siswa. Hasil perhitungan masing-masing indikator yaitu: tujuan pembelajaran dikategorikan berperan dengan persentase 71,9%, sumber belajar dikategorikan berperan dengan persentase 56,3%, strategi pembelajaran dikategorikan berperan dengan persentase 51,6%, keterlibatan siswa dikategorikan berperan dengan persentase 84,4%, media pembelajaran dikategorikan berperan dengan persentase 59,4%, evaluasi pembelajaran dikategorikan berperan dengan persentase 84,4%, perasaan senang dan tertarik dikategorikan berperan dengan persentase 70,3%, keinginan mempelajari dikategorikan berperan dengan persentase 85,9%, dan membuktikan rasa ketertarikan dikategorikan berperan dengan persentase 76,6%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran kewirausahaan berperan dalam meningkatkan minat berwirausaha siswa kelas XI kompetensi keahlian Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Admin Administrasi Perkantoran FE
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:45
Last Modified: 30 Jan 2019 02:57
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25548

Actions (login required)

View Item View Item