Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik pada Penugasan di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP berdasarkan Kurikulum 2013

Kurniasari, Fitri (2015) Analisis Penerapan Pendekatan Saintifik pada Penugasan di Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP berdasarkan Kurikulum 2013. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-fitri-kurniasari-13706251032.pdf
Restricted to Registered users only

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui penggunaan langkah-langkah Pendekatan Saintifik yang tercermin dalam penugasan berdasarkan urutan langkah, (2) mengetahui penggunaan langkah-langkah Pendekatan Saintifik yang tercermin dalam penugasan berdasarkan kelengkapan langkah. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis analisis konten. Subjek penelitian ini adalah kalimat penugasan yang terdapat pada Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013. Objek kajian dalam penelitian ini adalah kosakata perintah yang mencerminkan langkah Pendekatan Saintifik. Instrumen utama penelitian ini adalah human instrument. Human instrument dalam penelitian ini yaitu peneliti sendiri. Data penelitian dikumpulkan dengan metode simak dengan teknik baca dan catat. Analisis data dilakukan dengan metode distribusional dengan teknik pemilahan data berdasarkan katagori tertentu. Keabsahan data diperoleh dengan perpanjangan pengamatan, mengunakan bahan referensi dan memberchek. Penelitian menemukan 2 hasil yang terdapat dalam Buku Teks Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Berdasarkan Kurikulum 2013 sebagai berikut. Pertama, berdasarkan katagori urutan langkah, ditemukan adanya penugasan yang menggunakan langkah Pendekatan Saintifik secara urut dan tidak urut/acak dengan rincian penugasan urut sebanyak 29 buah penugasan dan tidak urut sebanyak 107 buah penugasan. Kedua, berdasarkan katagori kelengkapan langkah Pendekatan Saintifik, ditemukan adanya penugasan yang menggunakan langkah secara lengkap sebanyak 5 buah dan sebanyak 131 buah penugasan menggunakan langkah penugasan yang tidak lengkap.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: penugasan, buku teks, pendekatan saintifik
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:45
Last Modified: 10 Nov 2022 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25543

Actions (login required)

View Item View Item