Pengaruh Terapi Permainan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Pembina Yogyakarta

Irza, Irza (2012) Pengaruh Terapi Permainan Terhadap Kemampuan Motorik Kasar Dan Motorik Halus Pada Anak Tunagrahita Ringan Di SLB Pembina Yogyakarta. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh terapi permainan terhadap kemampuan motorik kasar dan motorik halus pada anak tunagrahita ringan di SLB N Pembina Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Dalam penelitian ini desain yang digunakan adalah one-grup pretest-posttest design. Populasi penelitian semua siswa kelas 1,2,3 SD anak tunagrahita ringan berjumlah 27 anak. Sampel diambil secara Simple Random Sampling sebanyak 10 orang anak. Pengumpulan data penelitian dilakukan melalui tes, tes untuk kemampuan motorik kasar terdiri atas tes melempar sejauh-jauhnya, melompat tanpa awalan, berdiri dengan 1 kaki selama 10 detik, tes lari halang rintang, dan tes loncat sasaran, nilai validitas 0,819, nilai reliabilitas sebesar 0,894. Sedangkan, tes untuk kemampuan motorik halus terdiri atas tes berjalan di atas garis sejauh 5 m, menangkap bola, tes melempar pada sasaran atau keranjang, tes memasang puzzle, dan tes lempar sasaran, nilai validitas 0,917, nilai reliabilitas 0,946. Analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5% (0,05). Hasil penelitian menunjukan bahwa adanya pengaruh yang signifikan p<0,05 terapi permainan terhadap kemampuan motorik kasar dan motorik halus pada anak tunagrahita ringan di SLB N Pembina Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Terapi Permainan, Motorik Kasar, Motorik Halus, Tunagrahita.
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Admin Pendidikan Olahraga FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:34
Last Modified: 29 Jan 2019 15:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2554

Actions (login required)

View Item View Item