PERSEPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KASIHAN BANTUL

Suciningrum, Erlina Noviyanti (2015) PERSEPSI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBATIK PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 KASIHAN BANTUL. S1 thesis, Prodi. Pendidikan Seni Kerajinan.

[img]
Preview
Text
REVISI SKRIPSI FINISH.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi peserta didik mengenai pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik yang berlangsung saat materi pembelajaran mendesain batik diajarkan oleh guru keterampilan membatik di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kasihan Bantul dengan jumlah sebanyak 108 responden yang telah mendapatkan pembelajaran keterampilan membatik (mendesain motif batik semi klasik). Variabel pada penelitian ini adalah persepsi peserta didik tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik di SMP Negeri 2 Kasihan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Kasihan Bantul memiliki persepsi yang positif terhadap pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik yang pernah berlangsung pada semester genap. Terbukti dari hasil penelitian, rata-rata hitung (Mean) pada skala Likert menghasilan 2,88 dan 0,82 pada skala Guttman. Hasil pada nilai tengah (Median) menunjukkan angka 3 pada skala Likert, dan angka 1 pada skala Guttman. Hasil pada angka yang sering muncul (Mode) menunjukkan bahwa pada skala Likert menunjukkan angka 3 yang berarti “Sering”, dan pada skala Guttman menunjukkan angka 1 yang berarti “Ya”. Sedangkan pada penghitungan perbutirnya, peserta didik yang memberikan jawaban “Sangat Sering” dan “Sering” prosentase rata-ratanya adalah 67,59%, dan jawaban “Ya” sebesar 82,41%. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa persepsi pelaksanan pembelajaran keterampilan membatik peserta didik SMP Negeri 2 Kasihan Bantul adalah positif, dan maksud atau deskripsi dari positif yaitu guru keterampilan membatik telah berhasil melaksanakan pelaksanaan pembelajaran keterampilan membatik (mendesain motif batik semi klasik) dengan baik walaupun pada dasarnya latarbelakang guru bukanlah dari guru keterampilan membatik.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Persepsi, Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan membatik.
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Rupa > Pendidikan Kriya
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Kerajinan FBS
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:43
Last Modified: 30 Jan 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25530

Actions (login required)

View Item View Item