PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD N MARGOYASAN YOGYAKARTA

Ayuningrum, Citra (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN INTELEKTUAL SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN DI KELAS IV SD N MARGOYASAN YOGYAKARTA. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Citra Ayuningrum_11108241004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menguji secara langsung pengaruh suatu variabel terhadap variabel lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan intelektual siswa pada mata pelajaran PKn di kelas IV SD Negeri Margoyasan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Experimental Design Type Nonequivalent Control Group Design yang menggunakan kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen diberi perlakuan menggunakan model Problem Based Learning, sedangkan kelompok kontrol menggunakan model yang biasa digunakan di kelas. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model Problem Based Learning dan Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keterampilan intelektual siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IVA dan IVB SD Negeri Margoyasan yang berjumlah 33. Pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa lembar pengamatan. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan membandingkan nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh dari penggunaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan intelektual siswa pada mata pelajaran PKn di SD Negeri Margoyasan. Hal tersebut ditunjukan melalui hasil perhitungan rata-rata skor post-test dimana rata-rata kelompok eksperimen sebesar 16 dengan kategori A lebih tinggi dari pada kelompok kontrol sebesar 14,63 dengan kategori B. Hal tersebut menunjukan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh positif dalam mengembangkan keterampilan intelektual siswa dikarenakan pembelajaran Problem Based Learning membuat siswa belajar berpikir kritis melalui pemecahan masalah, berpendapat dan memberikan solusi. Kata kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Intelektual, Pendidikan Kewarganegaraan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:13
Last Modified: 30 Jan 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25519

Actions (login required)

View Item View Item