PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN

Zein, Novia Ayu Indriyana (2015) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF MELALUI PENDEKATAN PENGALAMAN BERBAHASA PADA SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 1 KARANGANYAR KEBUMEN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang harus dikuasai siswa SD. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkanproses dan hasil keterampilan menulis paragraf siswa kelas V di SD Negeri 1 Karanganyar melalui pendekatan pengalaman berbahasa. Jenis penelitian ini adalah PTK kolaboratif. Desain penelitian menggunakan model Kemmis dan McTaggart. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: 1) tes, 2) observasi, dan 3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif, yaitu dengan mencari rerata dan hasilnya dideskripsikan. Hasil penelitian menunjukkan pendekatan pengalaman berbahasa dapat meningkatkan aktivitas dan perhatian siswa. Disamping itu, dapat meningkatkan keterampilan menulis paragraf pada siswa kelas V SD Negeri 1 Karanganyar. Peningkatan keterampilan menulis paragraf siswa siklus I sebesar 3,63, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 66,13 dan pada siklus II sebesar 8,42, yang kondisi awal 62,50 meningkat menjadi 70,92. Kata kunci: keterampilan menulis, paragraf, pendekatan pengalaman berbahasa, Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 27 Aug 2015 01:12
Last Modified: 30 Jan 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/25516

Actions (login required)

View Item View Item